Dokter kulit juga manusia

Dokter kulit juga manusia

 

Wartawan Dokterkulitku (WD): Pagi dok

Dr. Arthur (DA): Pagi

WD: loh kok dokter ada jerawatnya itu?

DA: Hehe kebanyakan bergadang beberapa hari ini pas mo release www.dokterkulitku.com, tidur jam 03/04 an terus, ga pake krim, langsung tidur

WD: oh? ngaruh ya dok?

DA: Yoi, kalo tidur berantakan, sering bergadang, istirahat kurang, stres, itu membuat hormon jadi terganggu, itu bisa menyebabkan jerawat. Makanya kadang2 kalau ada pasien yang dulunya jerawatan, kemudian perawatan, sudah baik, krim tetap dipakai, terus mendadak jerawatan lagi, biasanya ada penyebab nya, ya seperti yg tadi saya bilang itu, kurang tidur, kecapean, stres, mau datang bulan, hamil

“Apakah Anda ketergantungan dengan odol dan sikat gigi?”

WD: Dokter td bilang ga pake krim beberapa hari, plus kecapean dll, terus dokter timbul jerawat. Artinya dokter ketergantungan dengan krim dong ya?

DA: Sebenernya bukan ketergantungan, tapi maintenance/menjaga hasil. Sekarang saya balik tanya, kalau anda beli mobil, dipake, jadi kotor kan? setelah itu dibawa ke tempat cuci mobil, jadi bersih, apakah akan selamanya jadi bersih? kalau kotor anda akan bilang kalau tempat cuci mobil anda ini membuat ketergantungan sehingga kita harus cuci terus?

contoh lain: sakit gigi dan sikat gigi. Anda sakit gigi, ke dokter gigi, ditambal, sembuh sakit giginya. Setelah itu anda sikat gigi terus ga untuk menjaga supaya si gigi tidak bolong lagi? sikat gigi kan? artinya anda ketergantungan dengan sikat gigi dan odol nya dong?

Kalau tidak pakai krim lagi, perlahan-perlahan kembali ke keadaan SEMULA lagi, tidak jadi lebih buruk daripada sebelumnya. penggunaan krim di klinik kami dibagi dalam 2 tahap, tahap pengobatan/treatment, dan tahap menjaga hasil/maintenance. Datang dengan jerawat, kita obatin sampe jerawat nya hilang, pake krim setiap hari. setelah hilang? krim tetap dipakai, tapi tidak perlu tiap hari tidak apa2

Ada sih memang krim-krim yang membuat ketergantungan, itu biasanya ada kandungan kortikosteroid yang cukup tinggi, nah itu biasanya kalau lepas/putus perawatan, kulit nya ‘sakaw’ dan malah jadi lebih buruk dari sebelum pakai perawatan.

“Nah kalo tembok tuh bisa instan! ada jerawat di tembok? di cat juga sehari hilang!”

WD: ga nyangka dokter kulit kalo lagi males bisa jerawatan juga

DA: haha ya pasti bisa lah, kulit kita itu kan sel hidup, jadi dia perlu dirawat, kalau tidak dirawat ya akan timbul masalah. dan perlu juga diingat, karena kulit kita itu sel hidup, dan bukan tembok, kalo kita mau merubah sesuatu pada kulit kita (dengan krim contohnya) jelas hasilnya tidak mungkin instan, pasti perlu waktu. lain kalau tembok, mau ‘jerawat’ di tembok hilang? di cat juga sehari hilang.

Jadi hati-hati dengan produk perawatan wajah ataupun produk untuk mengobati/menghilangkan jerawat yang katanya kerjanya cepat dan instan.

Sebelum dan sesudah pengobatan Jerawat selama 2 bulan oleh dr. Arthur, SpKK - Balikpapan

Sebelum dan sesudah pengobatan Jerawat selama 2 bulan oleh dr. Arthur, SpKK – Balikpapan

WD: kirain dokter seumur-umur ga pernah jerawatan hehe

DA: jangan salah, dulu saya jerawatan, tapi diobatin dengan ayah saya yang kebetulan juga dokter kulit, jadinya sudah sembuh. tapi walo sudah sembuh ya tetap harus tahu diri, tetap harus dijaga dengan tetap pakai krim

WD: tapi kok ada ya dok teman saya yang mo ga mandi seminggu, ga pernah seumur2 pake perawatan, tapi tetap aja ga jerawatan

DA: yoi, memang ada orang-orang yang beruntung dan diberkahi dengan kulit yang seperti itu. Contoh lain, Ada wajah  yang gampang berbekas, ada yang tidak berbekas.  jadi misalnya ada jerawat, dipencet ga dipencet, tetep aja bolong.  yang satu lagi, ada jerawat, dipencet pun tetap hilang tidak berbekas.

————–
Next: Wawancara Jerawat: Fakta dan Salah kaprah, Part II
Fakta dan Salah kaprah tentang: pencet jerawat? facial? jerawat di badan? shampo? cuci muka?

Mengobati Jerawat dr. Arthur S. Simon, SpKK (3) Mengobati Jerawat dr. Arthur S. Simon, SpKK (2)
Kami tidak melayani konsultasi di www.dokterkulitku.com, comment berisi konsultasi akan kami hapus — Pengobatan yang menggunakan obat ataupun krim obat memerlukan konsultasi pribadi. Untuk konsultasi dg dr. Arthur bisa lihat disini. Untuk konsultasi dg dr. Simon bisa disini, ataupun cara lain — Untuk pemesanan lini kosmetik (non obat) bisa di email ke Info.BPN@dokterkulitku.com kosmetik@dokterkulitku.com(pengiriman dr Balikpapan) ataupun onlineshop@dokterkulitku.com (pengiriman dr Jakarta)