WD: makanan dok! katanya ga boleh makan kacang, coklat, makanan pedas ya?

DA: Sampai saat ini tidak ada satu pun penelitian ilmiah yang menemukan hubungan antara makanan dan jerawat, jadi kamu tidak perlu menghindari makanan tertentu dalam rangka menyembuhkan jerawat. Nah tapi kalo kamu merasa ‘aku setiap kali makan kacang jadi jerawatan kok!’ ya udah hindari aja tidak ada salahnya kan. Tapi tiap individu kan lain-lain, jadi dari saya tidak akan melarang kamu untuk makan a, b, c, d, e untuk menyembuhkan jerawat. Sering ada pasien jerawat yang datang berobat pertama kali sudah pantang makan a, b, c, d, e, nah biasanya saya tanya: setelah pantang abcde tersebut, hilang tidak jerawatnya? kalo makan dengan tidak makan hasilnya sama aja, ya mending ga usah di pantang dong ūüėÄ Saya pribadi makan coklat dan kacang ga jerawatan kok. Bagi yang merasa jadi jerawatan, silahkan kasih coklat dan kacangnya ke saya, saya terima demi kebaikan Anda hehe

WD: Apakah boleh pakai kosmetik selama pengobatan jerawat?

DA: Boleh! tapi jangan yang menyumbat pori2 ya, sebisa mungkin sih bedak tabur yang non komedogenik (komedogenik: membuat komedo). masalahnya wanita kalau sedang berjerawat maunya pakai liquid fondation ataupun bedak padat supaya ketutup jerawatnya. Masalahnya itu makin menyumbat pori-pori sehingga jadi tambah parah jerawatnya. Bedak padat itu adalah bedak tabur dicampur minyak, padahal kulit berjerawat kan sudah berminyak, yang ada jadi semakin berminyak, padahal jerawat disebabkan oleh minyak. Kita punya Lini Kosmetik Bedak tabur non komedogenik dan Bedak Semi Padat non komedogenik, diformulasikan khusus untuk seminimal mungkin menyebabkan jerawat dan komedo

WD: loh saya ga tau dokter punya bedak! kok dokter ga pernah meresepkan itu untuk saya??

“Ketika mulai ada masalah, artinya kulit sudah mulai kewalahan, saatnya mulai perawatan!”

DA: Bedak itu kosmetik, alias dempul, dia tidak mempunyai efek mengobati apapun, alias bukan treatment. Saya tidak akan meresepkan untuk kamu menggunakan bedak saya kecuali kamu memang minta. Kalau obat ataupun krim jerawat, itu tentu akan saya resepkan disesuaikan dengan kondisi wajah mu ketika diperiksa

WD: Dok, perawatan itu wajib kah?

DA: Jawabannya sebenarnya: Iya. Semua orang pasti perlu perawatan, tapi kalo orang ga mau perawatan kan ya boleh aja toh. tapi kalau mau menjaga kulit tetap sehat, jelas perlu perawatan. Kulit yang sehat itu terjadi bila ada keseimbangan antara Kerusakan yang terjadi vs Perbaikan yang bisa dilakukan. Kulit kita itu punya mekanisme untuk menjaga ataupun memperbaiki dirinya sendiri. tapi kemampuan merawat ataupun memperbaiki dirinya sendiri itu menurun dengan bertambahnya umur, sehingga kerusakan yang menumpuk makin lama makin banyak, plus bonus kerusakan akibat contohnya terpapar matahari, polusi, asap rokok, kurang tidur, dst dst.

Ilustrasi ya:

jadi ketika masih anak2: Kerusakan 100, oleh tubuh bisa diperbaiki 100
Ketika mulai sekolah: kerusakan 200 (kerusakan normal dari tubuh 100, kerusakan bonus dari main-main kena matahari, polusi selama naik motor dijemput bunda pas pulang sekolah: 100), oleh tubuh bisa diperbaiki: 190. jadi sudah ada kerusakan yang menumpuk 10

Ketika mulai SMP: kerusakan 400 (kerusakan normal 100, kena matahari ketika main bola 100, polusi naik angkot 100, kurang tidur 100), oleh tubuh bisa diperbaiki 190. jadi kerusakan yang menumpuk 210

Kulit mulai kusam, mulai timbul jerawat karena banyak kerusakan pada kulit, banyak sumbatan.

Nah disinilah perawatan itu masuk, krim perawatan yang berisi obat ini akan membantuk si kulit yang sudah kewalahan untuk memperbaiki dirinya sendiri. ketika perawatan kan dokternya akan merubah krimnya secara bertahap, akhirnya sampai kerusakan itu semua diperbaiki, dan terkejar, kemudian di maintain/dijaga

Jadi pertanyaannya sebenarnya adalah bukan: Apakah perawatan itu wajib? tapi: kapankah saya perlu perawatan?

Jadi kapan saya perlu perawatan? tiap orang lain-lain, ketika mulai ada masalah, artinya kulit sudah mulai kewalahan, saatnya mulai perawatan!

Boleh ga saya tidak perawatan, tapi saya ga mau kulit saya rusak. bisa diatur! tidur yg cukup, jangan keluar rumah kena matahari, jangan kena polusi, makan yang sehat, dst dst dst. jadi pada prinsipnya sih kamu tinggal di dalam kamar dalam rumah, ga boleh beraktifitas, ga boleh terpapar dengan hal-hal kotor di dunia luar

————-

Previous: Wawancara Jerawat: Fakta dan Salah kaprah, Part II
Next: Wawancara tentang jerawat dan bekas jerawat

Mengobati Jerawat dr. Arthur S. Simon, SpKK (4) Mengobati Jerawat dr. Arthur S. Simon, SpKK (1)
Bedak semi padat dr. arthur (1) Bedak semi padat dr. arthur (2)
Bedak tabur dr. arthur (1) Bedak tabur dr. arthur (2)
Kami tidak melayani konsultasi di www.dokterkulitku.com, comment berisi konsultasi akan kami hapus — Pengobatan yang menggunakan obat ataupun krim obat memerlukan konsultasi pribadi. Untuk konsultasi dg dr. Arthur bisa lihat disini. Untuk konsultasi dg dr. Simon bisa disini, ataupun cara lain — Untuk pemesanan lini kosmetik (non obat) bisa di email ke Info.BPN@dokterkulitku.com kosmetik@dokterkulitku.com (pengiriman dr Balikpapan) ataupun onlinesho@dokterkulitku.com (pengiriman dr Jakarta)

Salam dari Dokterkulitku