WD: Dok, itu jerawatnya dah mateng banget, ga dipencet aja? gemes eh dok

DA: ga dong, ku sayang-sayang aja jerawatnya 😀 jerawat kalau meradang/bernanah/merah jangan dipencet, karena bisa bertambah banyak, bisa tambah meradang, bisa berbekas lebih heboh.

Apalagi kalo mencet sendiri tanpa pengetahuan yang cukup mengenai cara memfacial sendiri, karena biasanya jerawat tersebut pecah di bawah kulit, sehingga kotoran dan kuman di dalam jerawat tersebut tersebar ke kulit sekitarnya dan akhirnya akan menimbulkan jerawat baru. Jadi bukan makin baik, malah akan seperti pepatah: mati satu tumbuh seribu.

Jerawat yang boleh di pencet/facial hanyalah jerawat yang tidak meradang/tidak merah. kalau jerawat yang meradang, itu baiknya di Chemical Peeling. Jerawat besar dan bernanah juga bisa dipercepat penyembuhannya dengan penyuntikan obat, tapi penyuntikan ini pun tidak boleh dilakukan terlalu sering karena dapat membuat jerawat malah makin bertambah banyak. Terkadang di klinik kecantikan itu seringnya sedikit-sedikit di suntik, pasien juga senang, karena jerawatnya jadi cepat kempes. tapi nanti malah jerawatnya jadi bertambah banyak, tunggu aja tanggal mainnya.

Facial di salon juga bisa membuat masalah, karena seringnya di salon-salon itu di masase/massage, padahal jerawat kalo di masase tambah meradang. Pasien suka mengeluh, duh dokter ini, facial nya ga ada enak-enaknya, ga ada di pijit-pijit, ga ada di totok-totok wajah nya 😀 biasanya saya jawab: Ibu, facial nya ini untuk mengobati dengan menghilangkan komedo dan jerawat ibu, bukan untuk enak-enak ini buuu 😀

Pemeriksaan wajah di tempat dr.Arthur, SpKK. Komedo pasien ini banyak sekali. kandidat yang baik untuk di facial

Pemeriksaan wajah di tempat dr.Arthur, SpKK. Komedo pasien ini banyak sekali. kandidat yang baik untuk di facial

 

 

WD: Dok, emang ada ya jerawat di badan?

“Kok belakangan ini aku timbul jerawat di daerah deket rambut ya?”

DA: Yes, jerawat bisa mengenai daerah berminyak, daerah berminyak tubuh kita adalah: wajah, punggung, dada dan lengan bagian atas. Mengobati jerawat yang letaknya tidak di wajah lebih sulit dan lebih lama daripada jerawat di wajah. plus biasanya ada bonus nya lagi pula kalo untuk jerawat di badan

WD: Maksudnya bonus dok?

DA: Jerawat di badan itu bisa diperburuk dari shampoo atopun conditioner. Nah pasien-pasien terutama para wanita suka ga sadar tuh: wah, kenapa ya aku sekarang jerawatan dekat rambut?? konditioner itu kan tugasnya melembabkan rambut, supaya ga kusut, nah jadi dia itu berminyak, nah kemudian sisa minyaknya ini lah yang kadang suka tertinggal di badan ketika keramas. minyak ini kasarannya menjadi makanan dan tempat tumbuhnya dari kuman jerawat, sehingga jadi jerawatan di punggung ataupun daerah hair line (pertemuan rambut dengan wajah)

WD: waduh, terus gimana dok?

DA: kalo pake kondisioner ketika bilas sebisa mungkin jangan sampai kena daerah lain selain rambut, jadi jangan sampe kena ke muka, leher, punggung, dada. kalo kena ya harus dibilas dan dicuci sebersih2nya sampai tidak licin/berminyak lagi

WD: kalo gitu cuci muka yang sadis aja dok biar ilang semua kondisioner nya 😀

“Mencuci muka dengan sabun bayi itu salah sekali”

DA: nah skalian deh tuh bahas tentang salah kaprah cuci muka untuk mengobati jerawat. Mencuci muka terlalu sering akan membuat kulit menjadi terlalu kering, hal ini akan membuat kulit merespon kekeringan tersebut dengan menghasilkan minyak, sehingga kulit malah semakin berminyak. Cuci muka secukupnya aja, bangun tidur, pulang dari pergi, mau tidur. Ada juga yang bilang cuci muka dengan sabun lembut alias sabun bayi, nah itu salah sekali dah. sabun bayi diformulasikan khusus untuk kulit bayi yang kelenjar minyaknya belum aktif, artinya sabun bayi itu dibuat untuk menjaga supaya minyak tidak hilang, jadi bila cuci muka dengan sabun bayi ya minyaknya tidak akan hilang, padahal kuman jerawat itu seneng banget ama minyak. cuci muka yang sadis? itu kan muka digosok2 dengan keras tuh, akhirnya malah iritasi dan semakin tersumbat pori-porinya, jadi makin kacau deh.

WD: Lucu juga ya dok ada jerawat karena kondisioner

DA: Masih banyak kok yang lucu2 lainnya, contohnya jerawat di daerah pipi karena helm jarang dicuci, jerawat di daerah depan kuping dan garis rahang pada pengguna jilbab dikarenakan gesekan dengan jilbabnya, jerawat kecil-kecil seluruh tubuh karena minum jamu/obat

———————

Previous: Wawancara Jerawat:Fakta dan salah kaprah, Part I – Ketergantungan krim? krim yg hasilnya instan? bakat kulit gampang berbekas?

Next: Wawancara Jerawat:Fakta dan salah kaprah, Part III – Makanan bikin jerawat? kapan hrs perawatan? Boleh pake Kosmetik?

facial dr. arthur spkk (1) facial dr. arthur spkk (2)

 

Salam dari dokterkulitku

 

Kami tidak melayani konsultasi di www.dokterkulitku.com, comment berisi konsultasi akan kami hapus — Pengobatan yang menggunakan obat ataupun krim obat memerlukan konsultasi pribadi. Untuk konsultasi dg dr. Arthur bisa lihat disini. Untuk konsultasi dg dr. Simon bisa disini, ataupun cara lain — Untuk pemesanan lini kosmetik (non obat) bisa di email ke Info.BPN@dokterkulitku.com kosmetik@dokterkulitku.com (pengiriman dr Balikpapan) ataupun onlineshop@dokterkulitku.com (pengiriman dr Jakarta)