OMG…Rambutku rontok?? Jangan panik… Cari dulu yuk penyebabnya!
1. Rambut kita strukturnya sama loh kaya pohon dr bawah ke atas terdiri dr akar – batang – ujung rambut (Ya kalo di pohon serupa dengan daun). Kalo dari dalam keluar lapisannya medula – kortek dan terluar kutikula (yang membuat rambut keliatan berkilau).
2. Masalah rambut tersering yang sering buat galau hati orang2 nih rambut rontok.. Tenang! Tenang! Selama rontok kurang dr 100 helai perhari wajar… itu normal lho.. so jangan panik dan galau lagi yah 😉
3. Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: Pasca melahirkan (nah ibu2 sekalian yg sy kasihi jangan galau lagi, rontok pasca melahirkan normal loh), Pernah sakit yg lama,stress psikis maupun stress fisik yang berat (contohnya adalah melahirkan dan operasi besar), ketidakseimbangan hormonal, infeksi jamur, memanipulasi rambut  (keriting rambut, rebounding) dan diet yg salah.
4. Seperti kata saya tadi diet yg salah bisa buat rmbut rontok.. knp eh knp? karena saat diet asupan kebutuhan protein kita sehari2 tdk terpenuhi dgn baik. Karena orang sering salah kaprah semakin kita sedikit makan semakin kurus…. Salah besar lho!!! Malah bisa bikin rambut rontok rambut tidak mendapatkan gizi yang cukup.
5. Perlu diingat,dicatat,digaris bawahin: kalau protein itu unsur utama dan terpenting penyusun rambut. Kata gampangnya klo kita asumsikan nih yah: Manusia bisa idup bertumbuh sehat karena makan nasi serta lauk pauknya, nah rambut juga begitu makannya dr si protein loh.
6. Perlu diketahui lg nihh… kebutuhan protein sehari-hari dalam tubuh kita itu sebesar 1-2 x Berat Badan kita, tp dijadikan satuan Gram (berat 50 kg, memerlukan protein 50-100gr per hari).  Jadi tiap orang beda-beda, jangan suka kepo ngikutin porsi makan teman biar bisa kurus seperti dia, yang ada nanti malah kekurangan gizi. Jadi ingat2 apakah selama ini diet kita sdh bener?
7. Kerontokan rambut yg lbh dr 100 baru ga normal…sekali lg jgn panik kita cari penyebabnya dan diterapi kombinasi dgn obat oles maupun minum vitamin untuk rambut. Sebaiknya kita menemui dokter yg ahli  dalam bidangnya supaya dpt penanganan dan terapi yg tepat.

yuk ubah pola diet kita jd diet yg sehat, masih mau lanjutin diet yang ga sehat?? hehehe

Untuk membantu mengurangi rontok dan mempercepat tumbuhnya rambut baru, bisa menggunakan tonik rambut ataupun Vitamin rambut dokterkulitku (www.dokterkulitku.com/onlineshop)

 

Penulis: Dr. CKO

Editor: Dr. Arthur

 

penumbuh rambut dr. arthur (1) penumbuh rambut dr. arthur (2)
penumbuh rambut dr. arthur (3) penumbuh rambut dr. arthur (4)