Mau tau lebih jauh lagi mengenai rambut yang berkutu?? ini faktanya…cekidot :

1. Kutu rambut dalam bahasa kedokterannya disebut Pediculus humanus capitis…panjangnya 2mm, mempunyai 3 pasang cakar yang berfungsi sebagai kaki untuk menempel dibatang rambut.

2. Kutu rambut memulai siklusnya di kulit kepala loh… iii serem deh mula dari betelur terus netes tumbuh dewasa..ga kebayang kan klo mereka beranak cucu dikulit kepala kita???

3. Kutu rambut dapat survive hidup dibawah kondisi yang menguntungkan baik panas maupun suhu lembab bisa sampe 4 hari loh, bahkan telur kutu rambut dapat bertahan di kulit kepala selama 10 hari.

4. Kutu rambut mencari makannya dengan cara menghisap darah dikulit kepala kita…kaya vampire yah saudraa-saudara.

5. Gejala yang ditimbulkan kalo kita kutuan nih ye..biasanya kulit kepala kita gatal, bisa disertai dengan lecet dikulit kepala karena kita garuk-garuk heboh karena saking gatalnya, ditemukannya kutu yang lagi jalan-jalan hilir mudik dirambut kita. Biasanya kutu rambut bisa mengenai sekelompok orang, makanya ga heran kan klo cari kutu biasanya ramean kaya kereta2an.

6. Kutu rambut dapat menular loh,maksudnya menular disini, namanya juga kutu hobbynya kan loncat jadi penularannya bisa terjadi misalnya kita satu sisir sama orang yang kutuan terus kutunya loncat ke sisir, sisirnya kita pake bisa pindah ke kita. Contoh lainnya kita seranjang sama org yang kutuan bisa jadi ntu kutu loncat dari kepala penderita ke kepala yang sehat jadinya berkutu, misalnya lagi kita satu handuk sm org yang berkutu terus kita juga pake handuk yang sama kita jg bisa ikut berkutu.

7. Kutu rambut bisa dicegah dengan menjaga kebersihan kulit kepala kita.Hindari pemakaian bersama sisir,handuk,baju dll dgn orang yang berkutu yah. Kalau yang sudah terkena bisa diobbatin buat yang laki-laki rambut kita bisa kita cukur habis alias plontos, buat yang wanita bisa menggunakan sisir serit. Selain itu ada obat yang dioles diantaranya golongan Pyrethrins synergized, Permetrin 1 % or 5 %, Malathion 0.5 %, Carbaryl 0.5 %, Lindane 1 %.

Semoga info ini bermanfaat yahhh…….

 

Penulis: Dr.CKO

Editor: Dr. Arthur