Jerawat dan Cuci muka

Jerawat terjadi ketika minyak berlebih dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Kuman normal kulit yang biasanya tidak menimbulkan masalah dapat tumbuh berlebihan di dalam pori-pori yang tersumbat dan menyebabkan peradangan. Jerawat tidak terjadi karena jorok/kebersihan yang buruk. Malahan mencuci berlebihan ataupun pemakaian scrub dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan jerawat tambah buruk.

Jerawat dan Makanan

Makanan seperti goreng-gorengan, coklat, kacang, susu, tidak pernah terbukti secara ilmiah dapat menyebabkan jerawat. Bila jerawat diobati dengan baik dan benar, apa yang dimakan tidak akan mempengeruhi timbulnya jerawat

Jerawat dan Teman baiknya

Jerawat lebih sering mengenai wanita. Hormon yang belum stabil ketika masih remaja, hormon yang naik turun mengikuti siklus menstruasi, kehamilan, bahkan menopause dapat menyebabkan jerawat. Berhenti menggunakan pil KB, minum obat tertentu, riwayat jerawat di keluarga, stres, krim ataupun kosmetik rambut juga dapat membuat wanita lebih cenderung timbul jerawat. Orang dewasa dapat jerawatan, walaupun sebelumnya tidak jerawatan ketika remaja.

Jerawat dan Penyakit lain

Terkadang jerawat yang timbul dapat merupakan salah satu tanda dari adanya kondisi lain yang lebih serius. Yang paling umum ditemukan adalah Polycystic ovary syndrome (PCOS), dimana didapatkan jerawat disertai dengan rambut pada wajah yang berlebihan, penipisan rambut kepala, ataupun menstruasi yang tidak teratur. PCOS ini memerlukan penanganan lebih lanjut oleh dokter kandungan dan selama kondisi ini belum terkontrol jerawat Anda pun akan sulit ditangani. PCOS sendiri juga dapat mempersulit Anda untuk hamil

Jerawat dan Hijab

Banyak orang sudah tahu kalau jerawat tidak boleh dipegang-pegang, karena hal ini dapat menyebabkan jerawat semakin meradang, bahkan dapat membuat timbul jerawat bertambah banyak. Terkadang yang tidak disadari adalah penggunaan topi, bandana dan hijab/jilbab, juga dapat memberikan efek yang sama, karena dapat menyebabkan gesekan pada pori-pori dan jerawat yang sudah ada.

Hindari penggunaan topi ataupun bandana, ataupun jaga kebersihannya dan jaga supaya tidak terjadi gesekan pada kulit wajah. Untuk pengguna hijab dapat menggunakan inner jilbab dari bahan yang lembut dan juga dijaga kebersihannya/sering diganti.

Jerawat dan Depresi

Jerawat dapat menyebabab gangguan psikis juga selain bekas fisik. Sebagian orang mengalami depresi karena jerawat membuat mereka merasa kurang menarik baik kepada pasangan/pacar ataupun kepada pimpinan tempat bekerja. Sebagian orang juga merasa hilang percaya diri dan menjadi lebih pesimistis. Walaupun jerawat ringan dan sedikit, namun bila menyebabkan gangguan psikis, tetap sebaiknya diobati dengan baik oleh Dokter Spesialis kulit

Jerawat dan Noda Bekas Jerawat

Pada kulit Asia, penyembuhan dari jerawat dapat menimbulkan noda, yang disebut Hiperpigmentasi Pasca Inflamasi (HPI, ataupun Post Inflammatory Hyperpigmentation PIH). Ini merupakan reaksi normal dari kulit ketika mengalami peradangan ataupun luka. Biasanya noda ini akan hilang sendiri dengan berjalannya waktu, namun banyak orang yang terganggu dengan noda ini dan ingin cepat menghilangkannya. Pengobatan awal dari dokter kulit dapat membantu mencegah timbulnya noda-noda bekas jerawat. Bila sudah terjadi noda bekas jerawat, penggunaan Nutricream F dapat membantu mempercepat hilangnya noda

Jerawat dan Bekas Merah

Ketika ada jerawat meradang, untuk mempermudah sel darah putih menghancurkan kuman penyebab jerawat meradang, kulit menambahkan pembuluh darah/urat merah ke sekitar jerawat tersebut. Namun terkadang setelah jerawatnya hilang, pembuluh darahnya tertinggal dan tidak hilang, sehingga akhirnya meninggalkan bekas merah. Bekas merah ini sangat mengganggu karena membuat wajah tampak masih seperti berjerawat, padahal sudah tinggal bekas merah saja. Dengan berjalannya waktu kulit akan membuang urat merah yang sudah tidak digunakan lagi, namun prosesnya dapat memakan waktu tahunan. Pengobatan dengan Laser Diode Dokterkulitku dapat membantu menghilangkan bekas merah tersebut.

Jerawat dan Bopeng Bekas Jerawat

Jerawat berat dan Bakat timbul bekas jerawat/Riwayat keluarga mudah timbul bekas jerawat adalah 2 faktor utama dalam menyebabkan bopeng bekas jerawat. Pengobatan jerawat yang benar dan seawal mungkin adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat yang berat dan bekas jerawat yang akan membekas seumur hidup. Bila jerawat luasnya sudah mencapai sekitar seperempat muka, atau mempunyai bakat timbul bekas jerawat atau riwayat di keluarga untuk timbul jerawat berat ataupun bekas, segera berobat ke dokter Spesialis Kulit. Bila sudah terlanjur terjadi bopeng bekas jerawat, prosedur eMatrix v.3 Dokterkulitku dapat membantu untuk menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Jerawat dan Pengobatannya

Pengobatan jerawat sekarang sudah bertambah efektif, sehingga semua jenis jerawat dapat dicegah dan diobati, namun perlu waktu. Kasus yang sedang sampai berat sangat memerlukan perawatan oleh dokter kulit, yang dapat meresepkan krim ataupun obat minum yang lebih kuat dan lebih tepat daripada yang tersedia bebas di pasaran. Menghilangkan bekas jerawat baik noda bekas jerawat, bopeng bekas jerawat, maupun bekas merah sudah dapat dilakukan secara efisien dengan hasil yang baik.