t

Jerawat di Bedah?

Yoi, Jerawat bisa perlu di bedah. Walaupun jerawat bernanah itu biasanya tidak dianjurkan untuk di pencet karena bisa meninggalkan bekas, ya tapi terkadang ada jerawat tertentu yang perlu di keluarkan isinya karena krim, obat minum, maupun tindakan lain tidak berhasil mengobatinya.

t

Apakah akan meninggalkan bekas?

Yoi, Ada kemungkinan seperti itu. Tapi dikarenakan Bedah jerawat membuatkan jalan keluar untuk nanah/isinya dikeluarkan dengan seminimal mungkin merusak kulit, sehingga kemungkinan untuk terjadi bekas lebih minimal. Berbeda dengan kalau memencet jerawat sendiri di rumah, tidak ada jalan keluar untuk si nanah, malah bisa pecah ke dalam dan malah membuat jerawat tambah meluas/tambah banyak.

t

Jerawat yang kaya gimana?

Jerawat yang biasanya perlu di keluarkan adalah jerawat sistik/cystic Acne. Jadi dia seperti kantong yang berisi nanah, empuk, kadang nyeri dan gatal. Terjadi akibat invasi dari bakteri penyebab jerawat ke dalam, ini juga umum terjadi karena jerawat bernanh dipencet. Tubuh tidak berhasil mengobati karena kantong jerawat ini sudah seperti sarang penyamun, jadi karena itu perlu dibantu untuk nanahnya dikeluarkan supaya tentara tubuh (sel darah putih) dapat membersihkan dan membereskan sisa-sisanya.

 

t

Kapan Perlu dilakukan Bedah Jerawat?

Kalau di Dokterkulitku, bila kami menemukan jerawat cystic, akan dicoba dengan diobati dengan krim maupun obat minum. Bila setelah 1 bulan tidak ada perubahan sama sekali, disarankan untuk di keluarkan isinya/bedah jerawat. Terkadang jerawat cystic diberikan obat bisa hilang, kalau hilang ya tidak perlu di bedah

 

Jadi ini pasien dengan jerawat berkantung, ukurannya sekitar 1 ruas jari (3cm), empuk, seperti kantong isi air, sebulan diberikan obat jerawat tidak ada perbaikan. Jd ya kita keluarkan isinya. Isinya seperti nanah dan darah yang sudah menggumpal.

Yang di foto sih sudah kempes kantongnya (yang warnanya agak biru/ungu itu), karena sudah kita keluarkan, lupa foto pas masih belum dikeluarkan hehe.

Apa yang perlu saya lakukan bila ada jerawat berkantung?

  • Jangan dipencet!
  • Ingat kapan dia mulai timbul
  • Obati dengan obat jerawat dari dokter kulit mu
  • Bila tidak ada perbaikan, laporkan ke dokter kulit mu beserta dengan cerita perjalanan apa yang sudah kamu lakukan selama ini namun tidak ada perbaikan, supaya dapat dilakukan tindakan lebih lanjut
  • NB: Suntik jerawat/penyuntikan kortikosteroid ke dalam jerawat sistik biasanya tidak akan membantu

 

l

Penutup

Sekian info mengenai bedah jerawat dan Jerawat sistik dari Dokterkulitku

Apa ada yang pernah mengalami jerawat berkantung? Kemudian apa yang akhirnya terjadi? Silahkan komen dibawah untuk berdiskusi